Langsung ke konten utama

Pahlawan Itu Emak

Tubuh tipisnya seperti wayang kulit saja. Tapi jangan dikira, tenaganya lebih perkasa dari pada yang kupunya. Aku lebih lemah gemulai bak penari bedaya. 

Subuh, bersamaan dengan kokok ayam, tubuh renta itu telah beradu dengan kayu dan tungku. Menjerang air pun membuat perapian untuk melawan dinginnya udara kampung di lereng gunung yang mampu membuat persendian ngilu. Jemari yang mengeriput, masih lihai menyeduh kopi untuk kekasih hati yang setia mendampingi. 

Usianya sudah melampaui bilangan tujuh puluh, namun raut mukanya masih nampak seperti perempuan berusia tahun emas. Siang hari menyunggi kayu bakar yang diambilnya dari ladang.
Aku memanggilnya emak. Ibu dari ibuku. Seorang dukun beranak desa. Setiap saat selalu siaga. Tengah malam pun pagi buta. Jika ada ibu-ibu yang membutuhkan pertolongan melahirkan, dan di jaman itu bidan belum merambah pedesaan, emakkulah yang dengan sabar membantu persalinan mereka.


Berapapun jauh dan berbatu jalan yang ia tempuh, tak pernah berat kakinya untuk melangkah maju. Emak. Bagiku dia pahlawan meski tanpa bintang jasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Kelas 5 SD

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Hai! Masih bersama Nyai Alaskembang di sini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Masih betah belajar dari rumah kan? Nah yang sekarang adalah kumpulan link soal online kelas 5 SD. Yuk diintip ada apa saja.  Link Soal online Kelas 5 SD  semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas5-Tema1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-5-part-1   2.  http://gg.gg/IPS-5-part-1   3.  http://gg.gg/IPA-kls5-Part1   4.  http://gg.gg/Matematika-kls5-part1   5.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-ST1   6.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-part3   7.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-parta    8.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-part2   9.  http://gg.gg/Survey-BDR   10.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part3   11.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part4   12.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST1-PB1-2   13. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2A     14. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2B   15.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST2C   16.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST3A   17.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST3B  

Latihan Soal Online Kelas 1 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat untuk kita semua. Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru. Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 1 SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat. Salam dari Nyai Alaskembang Link soal online untuk Kelas 1 SD Semester 1 1.  http://gg.gg/Kelas1-Tema1-ST1-PB1-Perkenalan Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-1-part-1 2.  http://gg.gg/matematika-kls-1-part-1 3.  http://gg.gg/BIndo-kls1-part1 4.  http://gg.gg/IPAkls1-part-1 5.  http://gg.gg/IPSkls1-part-1 6.  http://gg.gg/IPA-kls1-part2 7.  http://gg.gg/IPS-Kls1-Part2 8.  http://gg.gg/BIndonesia-kls1-Part2 9. 

Latihan Soal online Kelas 3 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat! Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru.  Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 3  SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat.  Salam dari Nyai Alaskembang  Link Soal Kelas 3 SD  Semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas3-Tema-1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/quizizz-Tema-5-kls3 2.  http://gg.gg/Kls3-Tema7-part1 3.  http://gg.gg/Kelas3-Tema7-part2 4.  http://gg.gg/Kls3-Tema5-part2 5.  http://gg.gg/Kelas3-Tema6-part1 6.  http://gg.gg/Survey-BDR 7.  http://gg.gg/Kls3-Tema6-ST1-PB4 8.  http://gg.gg/Kls3-Tema-6-ST-1-PB-5 9.  http://gg.gg/Kls3-T