Langsung ke konten utama

Materi Indahnya Kebersamaan Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 Tema 1 ST 1 Pembelajaran 1


Materi Kelas 4
Tema 1 ST 1 PB 1

Assalamu’alaikum wr wb

Apa Kabar anak kelas 4 hebat di seluruh Indonesia?
Semoga kalian senantiasa sehat dan tetap semangat.

Tujuan setelah  belajar materi  ini,  antara lain:
1. Kalian mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

2. Kalian  mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3. Kalian mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

4. Kalian mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

5. Kalian mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

6. Kalian mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

Tahukah kamu bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat, serta agama? Ayo, kita cari tahu lebih jauh tentang keberagaman itu


Di Maluku, terkenal dengan baju cele. Yaitu pakaian berwarna putih berlenagn pajang serta rok lebar berwarna merah, yang dipakai oleh kaum perempuan. Sedang Orang laki-laki, mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Alat musik dari Maluku adalah Tifa. Suaranya seperti gendang, namun lebih ramping dan panjang.


Bali terkenal dengan bunyi musiknya yang berbeda. Alat musik dari Bali disebut ceng ceng.  Bentuknya pipih, seperti dua keping simbal dari logam.


Di Toraja, para Wanita memakai pakaian adat yang disebut Pokko, sedang para lelaki menggunakan pakaian adat yang disebut seppa tallung Buku. Alat music khas mereka disebut Pa’pompang, yaitu berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.

Tugas kalian sekarang, bacalah kembali teks pada halaman 1-2 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi revisi 2018. Berikan nomor pada setiap paragrafnya, tuliskan gagasan pokok yang kalian temukan di setiap paragraph, pada peta pikiran yang tersedia.

Supaya kalian mudah mengerjakannya, perhatikan penjelasan Bu Wiwied berikut.

Setiap bacaan biasanya terdiri beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok  yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah ....

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa menonton video pembelajaran Kelas 4 Tema 1 ST 1 PB 1 berikut ini  : 



Untuk link latihan soal, kalian bisa buka :

Sumber: Buku Siswa dan Buku Guru Kelas 4 Semester 1 Tema 1 ST1 PB1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Kelas 5 SD

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Hai! Masih bersama Nyai Alaskembang di sini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Masih betah belajar dari rumah kan? Nah yang sekarang adalah kumpulan link soal online kelas 5 SD. Yuk diintip ada apa saja.  Link Soal online Kelas 5 SD  semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas5-Tema1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-5-part-1   2.  http://gg.gg/IPS-5-part-1   3.  http://gg.gg/IPA-kls5-Part1   4.  http://gg.gg/Matematika-kls5-part1   5.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-ST1   6.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-part3   7.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-parta    8.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-part2   9.  http://gg.gg/Survey-BDR   10.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part3   11.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part4   12.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST1-PB1-2   13. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2A     14. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2B   15.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST2C   16.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST3A   17.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST3B  

Latihan Soal Online Kelas 1 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat untuk kita semua. Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru. Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 1 SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat. Salam dari Nyai Alaskembang Link soal online untuk Kelas 1 SD Semester 1 1.  http://gg.gg/Kelas1-Tema1-ST1-PB1-Perkenalan Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-1-part-1 2.  http://gg.gg/matematika-kls-1-part-1 3.  http://gg.gg/BIndo-kls1-part1 4.  http://gg.gg/IPAkls1-part-1 5.  http://gg.gg/IPSkls1-part-1 6.  http://gg.gg/IPA-kls1-part2 7.  http://gg.gg/IPS-Kls1-Part2 8.  http://gg.gg/BIndonesia-kls1-Part2 9. 

Latihan Soal online Kelas 3 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat! Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru.  Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 3  SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat.  Salam dari Nyai Alaskembang  Link Soal Kelas 3 SD  Semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas3-Tema-1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/quizizz-Tema-5-kls3 2.  http://gg.gg/Kls3-Tema7-part1 3.  http://gg.gg/Kelas3-Tema7-part2 4.  http://gg.gg/Kls3-Tema5-part2 5.  http://gg.gg/Kelas3-Tema6-part1 6.  http://gg.gg/Survey-BDR 7.  http://gg.gg/Kls3-Tema6-ST1-PB4 8.  http://gg.gg/Kls3-Tema-6-ST-1-PB-5 9.  http://gg.gg/Kls3-T