Langsung ke konten utama

Sudah adilkah Kita? - Koneksi Antar Materi Modul 2.1

 

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pembelajaran Diferensiasi

 

Sudah Adilkah Kita?

Oleh Sri Widyowati Kinasih, S.Pd

CGP-5 kelas 72

Kabupaten Malang Jawa Timur

Tahun 2022

 

Di modul 1.1 saya mempelajari tentang Filosofi Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Di modul tersebut sangat ditekankan bahwa setiap anak memiliki kodratnya masing-masing. Tugas pendidik adalah menumbuhkan kodrat baik itu dengan cara memberikan bimbingan. Selanjutnya di modul 1.2 saya mendapatkan materi tentang Pemimpin Pembelajaran, bahwa Guru Penggerak harus mampu menjalankan filosofi Among Ki Hajar Dewantara, antara lain: Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun  Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Dalam memimpin pembelajaran, Guru Penggerak mengadopsi kerangka berpikir Inkuiri Apresiatif (IA) sehingga ia menjadi lugas dalam mengemas pertanyaan-pertanyaan pemantik dalam dialog yang mengungkap kekuatan, potensi, serta asset yang terdapat baik di dalam kelas maupun sekolah. Hal ini kemudian berlanjut pada modul 1.3 tentang visi guru penggerak untuk mewujudkan budaya positif di sekolah. Budaya positif disajikan di modul 1.4. Bagaimana implementasi visi yang sudah diprogramkan dan usaha mengubah cara pandang serta control guru menjadi lebih humanis.

Pada modul 2.1, tentang pembelajaran berdiferensiasi, sangat erat hubungannya dengan 4 modul sebelumnya. Di mana, setiap anak memiliki kodrat dan keistimewaan masing-masing yang tidak boleh disbanding-bandingkan. Tugas guru adalah sebagai pamong dan harus memiliki erbagai cara positif untuk keberhasilan kegiatan pembelajaran dan pendidikan bagi murid di kelasnya.

Setelah mempelajari modul ini, saya sadar ternyata apa yang sudah saya lakukan selama ini adalah contoh dari pembelajaran berdeferensiasi, di mana saya tidak memukul rata kemampuan siswa saya, melainkan memetakan dalam beberapa kelompok untuk saya berikan penanganan yang tentu saja berbeda. Anak tertentu yang memiliki kemampuan lebih, saya kelompokkan sendiri untuk diberikan materi yang lebih dalam. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan yang lebih rendah, sayaberikan penanganan yang bereda pula sesuai dengan kemampuannya. Hal ini saya lakukan agar semua anak memiliki semangat belajar yang tinggi. Karena saya yakin, setiap anak memiliki masa masing-masing untuk menjadi mengerti.

Saya ingat pernyataan guru saya ketika saya aduduk di kelas 3 SMP dulu, bahwa adil bukan berarti sama rata. Namun adil adalah sesuai dengan porsinya, sesuai dengan kebutuhannya. Ibarat memakan nasi, porsi sang Ayah tentu saja akan berbeda dengan porsi anaknya yang masih bayi. Atau jika membeli sepatu, maka ukuran sepatu ayah akan berbeda dengan ukuran sepatu anaknya yang masih balita. Akan adil jika mereka diberi sepatu sesuai dengan ukurannya. Bukan disamakan yang tentu saja sama sekali tidak akan berguna. Begitu juga dengan perlakuan terhadap murid di kelas. Melalui assessment diagnostic baik kognitif maupun non kognitif, kita bisa memetakan siswa kita, agar apa yang mereka terima sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika dianalogikan sebagai botol dan ukuran mulutnya, maka botol besar dengan mulut lebar, harus kita berikan air yang banyak agar otol tersebut dapat terisi penuh tanpa menunggu lama. Namun bagi botol kecil denag mulut yang kecil, tidak mungkin kita perlakukan sama saat mengisi air seperti pada botol besar denagn mulut besar. Yang terjadi adalah air akan tumpah denagn sia-sia.

Dengan tantangan-tantangan tersebut, saya harus tetap berpikiran positif, agar siswa saya tetap bersemangat dan gembira saat belajar di sekolah. Tidak merasa tertekan namun merasa diberikan ruang untuk mereka berkembang.

 

Diferensiasi bukan untuk membedakan dan membandingkan, namun lebih memetakan untuk keadilan.

***wied***

 

 

 

                                            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Kelas 5 SD

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Hai! Masih bersama Nyai Alaskembang di sini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Masih betah belajar dari rumah kan? Nah yang sekarang adalah kumpulan link soal online kelas 5 SD. Yuk diintip ada apa saja.  Link Soal online Kelas 5 SD  semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas5-Tema1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-5-part-1   2.  http://gg.gg/IPS-5-part-1   3.  http://gg.gg/IPA-kls5-Part1   4.  http://gg.gg/Matematika-kls5-part1   5.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-ST1   6.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-part3   7.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-parta    8.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-part2   9.  http://gg.gg/Survey-BDR   10.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part3   11.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part4   12.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST1-PB1-2   13. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2A     14. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2B   15.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST2C   16.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST3A   17.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST3B  

Latihan Soal Online Kelas 1 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat untuk kita semua. Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru. Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 1 SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat. Salam dari Nyai Alaskembang Link soal online untuk Kelas 1 SD Semester 1 1.  http://gg.gg/Kelas1-Tema1-ST1-PB1-Perkenalan Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-1-part-1 2.  http://gg.gg/matematika-kls-1-part-1 3.  http://gg.gg/BIndo-kls1-part1 4.  http://gg.gg/IPAkls1-part-1 5.  http://gg.gg/IPSkls1-part-1 6.  http://gg.gg/IPA-kls1-part2 7.  http://gg.gg/IPS-Kls1-Part2 8.  http://gg.gg/BIndonesia-kls1-Part2 9. 

Latihan Soal online Kelas 3 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat! Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru.  Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 3  SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat.  Salam dari Nyai Alaskembang  Link Soal Kelas 3 SD  Semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas3-Tema-1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/quizizz-Tema-5-kls3 2.  http://gg.gg/Kls3-Tema7-part1 3.  http://gg.gg/Kelas3-Tema7-part2 4.  http://gg.gg/Kls3-Tema5-part2 5.  http://gg.gg/Kelas3-Tema6-part1 6.  http://gg.gg/Survey-BDR 7.  http://gg.gg/Kls3-Tema6-ST1-PB4 8.  http://gg.gg/Kls3-Tema-6-ST-1-PB-5 9.  http://gg.gg/Kls3-T