Langsung ke konten utama

Sudahkah Voice, Choice, dan Ownership Siswa Kita Akomodir untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan pada Murid?

 

Koneksi antar materi Modul 3.3

Sri Widyowati Kinasih, S.Pd

CGP 5 Kelas 72

Kabupaten Malang Jawa Timur

Tahun 2022

 

Sudahkah Voice (suara), Choice (pilihan, dan Ownership (kepemilikan) Siswa kita akomodir untuk Membentuk Karakter Pemimpin?

 

Saya merasa semakin senang dan yakin, bahwa marwah guru Indonesia akan kembali jika semua guru Indonesia benar-benar mengimplementasikan Filosofi Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Bahwa setiap anak yang lahir seperti kertas putih dengan tulisan samar, maka tugas guru adalah menebalkan tulisan yang samar tersebut, menebalkan kodrat baiknya untuk kebermanfaatan kelak dalam hidupnya. Tak hanya itu, bahwa metavora mendidik siswa layaknya merawat padi, maka sebagai guru kita harus paham masinmasing karakter siswa, sehingga pembelajaran yang benar-benar berpihak pada murid dapat terwujud. Dengan demikian, pembelajaran tidak melulu intriksi dari guru, tetapi juga bagaimana suara dan pendapat mereka didengarkan dengan baik. Maka dengan mempelajari modul ini, semoga banyak guru tercerahkan sehingga murid bahagia, guru pun menjadi mulia karena ilmu yang dibaikannya.

 

Dari modul ini saya belajar tentang Kepemimpinan murid, Aspek lingkungan, serta peran komunitas dalam mengembangkan kepemimpinan murid. Pada sub materi kepemimpinan murid, bagaimana guru mengakomodir suara, pilihan, dan kepemilikan untuk menumbuhkan student agency yang akhirnya menjadi praktik baik pada karakter kepemimpinan murid. Pada sub materi Aspek Lingkungan, saya belajar tentang 7 aspek lingkungan yang berdapak positif pada pembentukan student agency. Pada sub materi peran komunitas dalam pengembangan kepemimpinan murid adalah tentang asset yang ada dan mendukung murid untuk memiliki kapasitas yang mempengaruhi serta mengontrol diriya melalui tindakan-tindakan yang dilakukannya.

.

 

Materi pada modul ini sangat berkaitan erat dengan modul-modul sebelumnya. Hal ini sangat terasa selama saya menjadi Calon Guru Penggerak, bahwa setiap modul dibuat runtut serta tidak hanya sekadar memunculkan materi. Dari modul 1.1 yang mengulas habis tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, bahwa seorang pendidik harus mampu menjalankan 3 konsep pendidikan yaitu Ing ngarso Sung Tuladha (seorang guru harus memberi teladan yang baik), Ing Madya Mangun Karsa (ketika berada di tengah, seorang guru mampu memberi kekuatan dan motivasi untuk terus bergerak maju), Tut Wuri Handayani (ketika di elakang, sorang guru harus bisa memberi dorongan). Selain itu, pada modul ini, CGP benar-benar dibuka mindset tentang pembelajaran yang berpihak pada murid. Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa setiap anak terlahir dengan kodrat dan kelebihannya, maka inilah yang harus ditebalkan oleh guru. Hubungannya dengan modul 3.2 adalah bahwa seorang pemimpin pembelajaran harus mampu membaca setiap kelebihan yang dimiliki siswa sebagai modal atau asset untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

 

Pada modul 1.2 yang dibahas tentang dasar-dasar pemimpin dalam pembelajaran yaitu Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada modul tersebut, seorang CGP dibekali tentang bagaimana menjadi seorang pembelajaran dengan memanfaatkan Inkuiri Apresiatif. Semua materi yang ada, sangat berkaitan erat dengan modul 3.2.

 

Selanjutnya pada modul 1.3 Guru Penggerak disajikan bagaimana cara membuat visi dengan menerapkan IA yang di dalamnya terdapat BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, dan Atur Eksekusi). dalam berpikir strategis disebutkan bahwa  perubahan yang positif dan konstruktif membutuhkan waktu dan sifatnya bertahap. Oleh sebab itu, sebagai Pemimpin Pembelajaran, guru harus selalu berlatih mengelola diri sendiri dan berupaya menggerakkan orang lainyang berada di dalam lingkaran pengaruhnya. Hal tersebut akan sangat bermanfaat saat berproses melakukan perubahan dapat dilakukan secara kolaboratif dengan rekan guru di sekolah. Materi-materi tersebut juga kembali diulas pada modul 3.2.

Pada modul 1.4, yang dibahas adalah tentang Budaya Positf dengan memunculkan tiga restitusi dalam menyelesaikan sebuah masalah. Hal ini sangat berkaitan dengan komunitas sekolah yang sehat dan resilien yang dibahas pada modul 3.2. Budaya positif adalah asset untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Tentu saja asset ini yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin pembelajaran dalam memanfaatkan sumber daya untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas.

Begitu juga dengan modul 2.1 yang membahas tentang Peran Penilaian dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pada Modul ini, CGP diberi pemahaman tentang bagaimana seorang pendidik hadir di tengah-tengah murid dengan memberi ruang untuk mereka belajar sesuai dengan profilnya. Sorang guru mampu menghadirkan kesiapan belajar siswa, mampu membaca minat belajar siswa, sehingga pembelajaran yang berpihak pada siswa sangat terlihat. Pada modul ini, setiap siswa ditonjolkan assetnya yang lagi-lagi menjadi modal dalam berhasilnya sebuah pembelajaran berkualitas serta berkaitan erat dengan modul 3.2.

Pada Modul 2.2, dibahas tentang pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, keterampilan berelasi, kesadaran sosial, manajemen diri, dan kesadaran diri, yang semuanya menjadi dasar seorang berhasil menjadi pemimpin pembelajaran. CGP benar-benar dibekali dengan berbagai contoh nyata di dunia pendidikan sehingga berhasil membangun mindset baik untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pada Modul 2.3, CGP belajar tentang coaching dalam supervise akademik. Modul ini menjadi hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin pembelajaran yang hadir tidak untuk menonjolkan egosentris tetapi mampu mendampingi orang lain untuk mengoptimalkan diri mereka, memberi ruang untuk menemukan ide dengan keterampilan bertanya yang baik, tidak mendoktrin tetapi menggiring serta memantik orang lain untuk menemukan jawaban serta solusi tentang masalah yang dihadapi. Begitulah seorang pemimpin pembelajaran yang baik seharusnya hadir. Modul ini juga berkaitan erat dengan materi Pemipin pembelajaran yang mampu Memanfaatkan Sumber Daya di modul 3.2.

Pada modul 3.1 CGP diberikan materi tentang Dilema Etika dan bagaimana langkah-langkah dalam mengambil keputusan. Hal ini sangat berkaitan dengan materi di modul 3.2, bahwa seorang pemimpin pembelajaran pastilah akan dihadapkan pada dilemma etika dengan unsur lain di ekosistem sekolah. Seorang pemimpin pembelajaran harus mampu membedakan apa itu dilemma etika dan bujukan moral. Seorang pemimoin pembelajaran harus mampu mengendalikan emosi melalui PSE dan KSE. Dengan demikian, pembelajaran yang berkualitas serta berpihak pada murid dapat terwujud.

 

Pada modul 3.2 tentang Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya, saya semakin optimis dan menjadi tahu tentang asset yang dimiliki sekolah untuk dimanfaatkan. Kekurangan yang ada adalah hal yang menjadi tantangan untuk diganti menjadi lebih baik dengan memanfaatkan semua asset yang ada. Kekurangan bukan lagi menjadi halangan untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas, karena ada banyak asset yang dimanfaatkan untuk terus maju dan berkembang.

 

Dari keterkaitan materi mulai modul 1.1 hingga 3.3, bahwa semua tempat adalah sekolah. Murid kadang bisa menjadi guru sehingga seorang pendidik bebar-benar menjadi penuntun yang baik, dan mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Guru bukan lagi diktaktor yang semua intruksinya harus didengar dan dilaksanakan tanpa memberi kesempatan siswa untuk bersuara dan menentukan pilihan.  

 

Sekolah seharusnya adallah tempat yang menyenangkan untuk murid belajar mempersiapkan dirinya untuk terjun di masyarakat sosial. Bagaimana hal tersebut dapat tercapai? Tentu saja jika suara serta pilihan dari akar rumput (siswa) diakomodir dengan baik. Penghargaan dan apresiasi atas kepemilikan (karya) siswa pun perlu dilakukan. Evaluasi serta refleksi tidak hanya dilakukan oleh guru, tapi siswa juga memiliki hak yang sama untuk menyampaikan refleksinya. Dengan demikian, pembelajaran yang berpihak pada siswa benar-benar terlaksana. Semua program sekolah tidak berhenti hanya karena ide, suara, dan pilihan siswa dibatasi oleh aturan yang kaku. Dengan memberi kesepatan siswa untuk melakuakn evaluasi dan refleksi, maka saya yakin segala hal yang bertujuan untuk kebaikan dan kebermanfaatan benar-benar menjadi kebutuhan siswa bukan lagi tuntutan yang harus mereka penuhi. .

***

 

Alaskembang, Malang, 20 Nopember 2022

S W Kinasih

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Kelas 5 SD

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Hai! Masih bersama Nyai Alaskembang di sini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Masih betah belajar dari rumah kan? Nah yang sekarang adalah kumpulan link soal online kelas 5 SD. Yuk diintip ada apa saja.  Link Soal online Kelas 5 SD  semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas5-Tema1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-5-part-1   2.  http://gg.gg/IPS-5-part-1   3.  http://gg.gg/IPA-kls5-Part1   4.  http://gg.gg/Matematika-kls5-part1   5.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-ST1   6.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-part3   7.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-parta    8.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-part2   9.  http://gg.gg/Survey-BDR   10.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part3   11.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part4   12.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST1-PB1-2   13. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2A     14. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2B   15.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST2C   16.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST3A   17.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST3B  

Latihan Soal Online Kelas 1 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat untuk kita semua. Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru. Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 1 SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat. Salam dari Nyai Alaskembang Link soal online untuk Kelas 1 SD Semester 1 1.  http://gg.gg/Kelas1-Tema1-ST1-PB1-Perkenalan Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-1-part-1 2.  http://gg.gg/matematika-kls-1-part-1 3.  http://gg.gg/BIndo-kls1-part1 4.  http://gg.gg/IPAkls1-part-1 5.  http://gg.gg/IPSkls1-part-1 6.  http://gg.gg/IPA-kls1-part2 7.  http://gg.gg/IPS-Kls1-Part2 8.  http://gg.gg/BIndonesia-kls1-Part2 9. 

Latihan Soal online Kelas 3 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat! Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru.  Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 3  SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat.  Salam dari Nyai Alaskembang  Link Soal Kelas 3 SD  Semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas3-Tema-1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/quizizz-Tema-5-kls3 2.  http://gg.gg/Kls3-Tema7-part1 3.  http://gg.gg/Kelas3-Tema7-part2 4.  http://gg.gg/Kls3-Tema5-part2 5.  http://gg.gg/Kelas3-Tema6-part1 6.  http://gg.gg/Survey-BDR 7.  http://gg.gg/Kls3-Tema6-ST1-PB4 8.  http://gg.gg/Kls3-Tema-6-ST-1-PB-5 9.  http://gg.gg/Kls3-T