Langsung ke konten utama

Materi Kelas 5 Tema1 ST1 PB2 Organ Gerak Hewan

Materi Kelas 5
Tema 1 ST 1 PB 2



Assalamu’alaikum wr wb

Apa kabar anak kelas 5 hebat di seluruh Indonesia?
Semoga kalian senantiasa sehat dan tetap semangat.

Tujuan setelah  belajar materi  ini, kalian diharapkan antara lain:
1.  Mampu menyusun dan merangkai cerita secara runtut.
2.  Mampu mengolah informasi dan data menjadi sebuah cerita secara tepat
3.  Mampu menyebutkan organ gerak hewan serta fungsinya
4.  Mampu mengidentifikasi gerak ikan di air.


Gambar cerita merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita. Contoh gambar cerita adalah gambar ilustrasi.  Gambar ilustrasi dapat  berupa foto atau gambar tangan.
Contoh ragam gambar iustrasi dapat kalian lihat pada cergam, komik , pamvlet, kartun, dsb.  (tunjukkan slight gambar komik, cergam, kartun)

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Serta benda yang ada di sekitar kita.

Apa saja langkah-langkah membuat gambar ilustrasi?
Langkah-langkahnya antara lain:

1.  Tentukan terlebih dahulu gagasan (siapa saja tokohnya, adegan apa saja dalam gambar, bagaimana suasananya, serta meng gunakan media apa)

2.  Buatlah sketsa . sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan.

3.  Langkah berikutnya yaitu pewarnaan. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sesuai warna asli objek, atau berdasarkan imajinasi kalian. Kalian bisa menggunakan cat air, cat minyak, spidol, atau pensil warna.

Nah,  kalian bisa mencobanya di kertas gambarmu.

 Kelinci bergerak meloncat dengan menggunakan kaki. Kaki kelinci bagian belakang, lebih kuat dan lebih panjang disbanding kaki depannya.

Kelinci tergolong binatang mamalia. Binatang mamalia, tergolong binatang vertebrata atau lebih dikenal dengan binatang bertulang belakang. 

Nah di sekitarmu, coba perhatikan binatang vertebrata selain kelinci. Amati dan identifikasi alat gerak apa yang digunakan hewan-hwean tersebut.

Tuliskan hasil pengamatan kalian pada tabel seperti contoh di halaman 14 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton video pembelajaran berikut ini: 
 


Untuk Link Latihan Soal Kelas 5, kalian bisa membuka: 

Nah, kalian sudah mengetahui macam-macam organ gerak dari hewan vertebrata. Tapi tidak semua hewan vertebrata bergerak dengan menggunakan kaki.
Misalnya ikan.

Ikan memiliki system gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain, karena habitat ikan adalah di air.

Pada umumnya, ikan berbentuk rudal. Hal ini berguna saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar, berguna untuk mendorong gerakan ikan di dalam air.
Ikan juga mempunyai gelembung renang dalam tubuhnya. Hal ini berfungsi untuk mengatur gerak naik turun. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di termbu karang. Jenis ikan ini, tidak dapat berenang secepat ikan tang menggunakan sirip ekornya.

Tugas kalian sekarang adalah, temukan ide pokok dan kalmiat pengembang pada teks bacaan tersebut pada tabel seperti di halaman 17.

Bagaimana pembelajaran hari ini? Menyenangkan bukan? Nah, Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata adalah karunia dan bentuk keadilan dari Tuhan yang Maha kuasa.
Terimaksih untuk perhatiannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa  nantikan video pembelajaran berikutnya
Assalamualaikum wr wb 

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 
Kelas 5 Tema 1 ST1 PB 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Kelas 5 SD

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Hai! Masih bersama Nyai Alaskembang di sini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Masih betah belajar dari rumah kan? Nah yang sekarang adalah kumpulan link soal online kelas 5 SD. Yuk diintip ada apa saja.  Link Soal online Kelas 5 SD  semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas5-Tema1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-5-part-1   2.  http://gg.gg/IPS-5-part-1   3.  http://gg.gg/IPA-kls5-Part1   4.  http://gg.gg/Matematika-kls5-part1   5.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-ST1   6.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-part3   7.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-parta    8.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-part2   9.  http://gg.gg/Survey-BDR   10.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part3   11.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part4   12.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST1-PB1-2   13. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2A     14. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2B   15.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST2C   16.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST3A   17.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST3B  

Latihan Soal Online Kelas 1 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat untuk kita semua. Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru. Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 1 SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat. Salam dari Nyai Alaskembang Link soal online untuk Kelas 1 SD Semester 1 1.  http://gg.gg/Kelas1-Tema1-ST1-PB1-Perkenalan Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-1-part-1 2.  http://gg.gg/matematika-kls-1-part-1 3.  http://gg.gg/BIndo-kls1-part1 4.  http://gg.gg/IPAkls1-part-1 5.  http://gg.gg/IPSkls1-part-1 6.  http://gg.gg/IPA-kls1-part2 7.  http://gg.gg/IPS-Kls1-Part2 8.  http://gg.gg/BIndonesia-kls1-Part2 9. 

Latihan Soal online Kelas 3 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat! Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru.  Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 3  SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat.  Salam dari Nyai Alaskembang  Link Soal Kelas 3 SD  Semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas3-Tema-1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/quizizz-Tema-5-kls3 2.  http://gg.gg/Kls3-Tema7-part1 3.  http://gg.gg/Kelas3-Tema7-part2 4.  http://gg.gg/Kls3-Tema5-part2 5.  http://gg.gg/Kelas3-Tema6-part1 6.  http://gg.gg/Survey-BDR 7.  http://gg.gg/Kls3-Tema6-ST1-PB4 8.  http://gg.gg/Kls3-Tema-6-ST-1-PB-5 9.  http://gg.gg/Kls3-T