Materi Kelas
6
Tema 1 Sub.
Tema 1, PB 3
Assalamu’alaikum
wr wb
Apa kabar
anak kelas 6 hebat di seluruh Indonesia?
Semoga
kalian senantiasa sehat dan tetap semangat.
Tujuan
Setelah belajar materi ini, Kalian
diharapkan antara
lain:
1. Mampu mengidentifikasi
perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan dan manfaatnya
2. Mampu menyampaiakan cara
perkembangbiakan vegetative dan manfaatnya melalui tabel
3. Mampu menemukan ide pokok dengan
bantuan diagram
4. Mampu mengembangkan ide pokok menjadi
sebuah tulisan dengan bahasamu sendiri secara rinci
Bisakah
kalian menyebutkan nama-nama buah dan sayur berikut ini?
Tepat
sekali. Yang ada pada gambar antara lain: Nanas, bawang, pisang, wortel, dan strawberry
Selain
berkembang biak secara generative, tumbuhan juga berkembang biak secara
vegetative. Apakah perkembangbiakan
secara vegetative itu? Yuk kita cari tahu.
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton Video Pembelajaran berikut ini:
Buah nanas
berkembangbiak dengan tunasnya.
Bawang
merah, memiliki bentuk yang berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas. Umbi
lapis Terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang, dan membengkak di dalam tanah.
Pohon pisang
berkembangbiak dengan tunas.
Tumbuhan-tumbuhan
tersebut, berkembang biak secara vegetative. Tahukah kamu apa itu
perkembangbiakan vegetative?
Perkembangbiakan
vegetative adalah perkembangbiakan suatu makhluk hidup yang terjadi tanpa
melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Makhluk hidup baru tumbuhan , berasal
dari induknya.
Sekarang
amatilah gambar berikut ini (gambar wortel atau strawberry)
Strawberry Nyai Alaskembang
Bagaimana cara
tanaman tersebut berkembangbiak? Silahkan tuliskan jawabannya, pada buku tulismu.
Tugas
selanjutnya adalah, perhatikan lingkungan sekitarmu. Temukan tumbuhan lainnya,
yang berkembang biak secara vegetative.
Kerjakan
tugas kalian. Seperti pada tabel halaman 35.
Sekarang
kalian tahu bukan apa yang disebut perkembangbiakan vegetative? Benar sekali.
Tiap tumbuhan yang diciptaka Tuhan yang Maha Esa, memiliki keunikan masing-masing. Melestarikannya, merupakan
wujud syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa.
Untuk link soal online kalian bisa membuka:
https://sriwidyowatikinasih.blogspot.com/2020/03/latihan-soal-online-kelas-6.html
Untuk link soal online kalian bisa membuka:
https://sriwidyowatikinasih.blogspot.com/2020/03/latihan-soal-online-kelas-6.html
Indonesia
adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa. Indonesia memiliki
dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.
Dataran
rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian antara 0-200 m dpl.
Pantai
termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai, karena Indonesia
terdiri dari ribuan pulau. Tahukah kalian nama salah satu pantai di daerah asal kalian?
Dataran
tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m dpl.
Dataran
tinggi di Indonesia antara lain:
Dataran
tinggi Dieng, dataran tinggi Malang, Dataran tinggi tengger, dataran tinggi Alas
(Aceh), dan dataran tinggi Bone.
Jenis
tumbuhan yang ada di dataran tinggi adalah: the, kopi, cengkeh, buah-buahan dan
sayuran.
Dapatkah
kalian menemukan tanaman lain di dataran tinggi dan dataran rendah?
Tugas kalian
sekarang adalah:
Baca teks
pada halaman 36 Buku siswa , lalu isilah diagram pada halaman 37, berdasarkan informasi dan
ide pokok dari bacaan tersebut.
Indonesia
memiliki berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut memberikan bahan makanan
yang berlimpah dan manfaat lainnya. Sudahkah kalian mensyukurinya?
Menarik
bukan pembelajaran hari ini? Jangan lupa, amati lingkungan sekitarmu, temukan
tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara vegetative. Sampaikan hasil
pengamatanmu kepada guru.
Terimakasih
atas perhatiannya. Semoga bermanfaat,
jangan lupa nantikan video pembelajaran berikutnya
Assalamualaikum
wr wb
Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 ST1 PB 3
Komentar
Posting Komentar