Langsung ke konten utama

Materi Kelas 6 Tema 1 ST1 PB3 Selamatkan makhluk Hidup

Materi Kelas 6
Tema 1 Sub. Tema 1, PB 3


Assalamu’alaikum wr wb

Apa kabar anak kelas 6 hebat di seluruh Indonesia?
Semoga kalian senantiasa sehat dan tetap semangat.

Tujuan Setelah belajar materi  ini, Kalian diharapkan antara lain:

1. Mampu mengidentifikasi perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan dan manfaatnya

2. Mampu menyampaiakan cara perkembangbiakan vegetative dan manfaatnya melalui tabel

3. Mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram

4. Mampu mengembangkan ide pokok menjadi sebuah tulisan dengan bahasamu sendiri secara rinci

Bisakah kalian menyebutkan nama-nama buah dan sayur berikut ini?

Tepat sekali. Yang ada pada gambar antara lain: Nanas,  bawang, pisang, wortel, dan strawberry

Selain berkembang biak secara generative, tumbuhan juga berkembang biak secara vegetative.  Apakah perkembangbiakan secara vegetative itu? Yuk kita cari tahu.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton Video Pembelajaran berikut ini: 

 

Buah nanas berkembangbiak dengan tunasnya.
Bawang merah, memiliki bentuk yang berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas. Umbi lapis Terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang,  dan membengkak di dalam tanah.
Pohon pisang berkembangbiak dengan tunas.

Tumbuhan-tumbuhan tersebut, berkembang biak secara vegetative. Tahukah kamu apa itu perkembangbiakan vegetative?

Perkembangbiakan vegetative adalah perkembangbiakan suatu makhluk hidup yang terjadi tanpa melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Makhluk hidup baru tumbuhan , berasal dari induknya.

Sekarang amatilah gambar berikut ini (gambar wortel atau strawberry) 

   Strawberry Nyai Alaskembang

Bagaimana cara tanaman tersebut berkembangbiak? Silahkan tuliskan jawabannya, pada buku  tulismu.
Tugas selanjutnya adalah, perhatikan lingkungan sekitarmu. Temukan tumbuhan lainnya, yang berkembang biak secara vegetative.
Kerjakan tugas kalian. Seperti pada tabel halaman 35.

Sekarang kalian tahu bukan apa yang disebut perkembangbiakan vegetative? Benar sekali. Tiap tumbuhan yang diciptaka Tuhan yang Maha Esa, memiliki keunikan  masing-masing. Melestarikannya, merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa. 

Untuk link soal online kalian bisa membuka: 
https://sriwidyowatikinasih.blogspot.com/2020/03/latihan-soal-online-kelas-6.html

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa. Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian antara 0-200 m dpl.

Pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai, karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau. Tahukah kalian nama salah satu  pantai di daerah asal kalian?

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m dpl.
Dataran tinggi di Indonesia antara lain:
Dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Malang, Dataran tinggi tengger, dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone.

Jenis tumbuhan yang ada di dataran tinggi adalah: the, kopi, cengkeh, buah-buahan dan sayuran.
Dapatkah kalian menemukan tanaman lain di dataran tinggi dan dataran rendah?

Tugas kalian sekarang adalah:
Baca teks pada halaman 36 Buku siswa , lalu isilah diagram pada halaman 37, berdasarkan informasi dan ide pokok dari bacaan tersebut.

Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut memberikan bahan makanan yang berlimpah dan manfaat lainnya. Sudahkah kalian mensyukurinya?

Menarik bukan pembelajaran hari ini? Jangan lupa, amati lingkungan sekitarmu, temukan tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara vegetative. Sampaikan hasil pengamatanmu kepada guru.
Terimakasih atas  perhatiannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa nantikan video pembelajaran berikutnya

Assalamualaikum wr wb 

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 ST1 PB 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Kelas 5 SD

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Hai! Masih bersama Nyai Alaskembang di sini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Masih betah belajar dari rumah kan? Nah yang sekarang adalah kumpulan link soal online kelas 5 SD. Yuk diintip ada apa saja.  Link Soal online Kelas 5 SD  semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas5-Tema1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-5-part-1   2.  http://gg.gg/IPS-5-part-1   3.  http://gg.gg/IPA-kls5-Part1   4.  http://gg.gg/Matematika-kls5-part1   5.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-ST1   6.  http://gg.gg/Kelas5-Tema6-part3   7.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-parta    8.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-part2   9.  http://gg.gg/Survey-BDR   10.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part3   11.  http://gg.gg/Kls5-Tema7-Part4   12.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST1-PB1-2   13. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2A     14. http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST2B   15.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST2C   16.  http://gg.gg/Kls5-Tema8-ST3A   17.  http://gg.gg/Kelas5-Tema8-ST3B  

Latihan Soal Online Kelas 1 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat untuk kita semua. Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru. Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 1 SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat. Salam dari Nyai Alaskembang Link soal online untuk Kelas 1 SD Semester 1 1.  http://gg.gg/Kelas1-Tema1-ST1-PB1-Perkenalan Semester 2 1.  http://gg.gg/PKN-1-part-1 2.  http://gg.gg/matematika-kls-1-part-1 3.  http://gg.gg/BIndo-kls1-part1 4.  http://gg.gg/IPAkls1-part-1 5.  http://gg.gg/IPSkls1-part-1 6.  http://gg.gg/IPA-kls1-part2 7.  http://gg.gg/IPS-Kls1-Part2 8.  http://gg.gg/BIndonesia-kls1-Part2 9. 

Latihan Soal online Kelas 3 SD

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh Salam cerdas dan sehat! Dengan merebaknya wabah virus Covid-19, berakibat keluarnya peraturan pemerintah utamanya Kemdikbud, agar anak melaksanakan kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan didampingi orang tua dan pantauan guru.  Nah, karena banyak orang tua yang bingung mau kasih tugas belajar anaknya, maka di sini saya buat link soal dan game seru untuk dikerjakan anak anak SD. Berikut adalah link-link soal untuk kelas 3  SD. Skore otomatis muncul. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat.  Salam dari Nyai Alaskembang  Link Soal Kelas 3 SD  Semester 1  1.  http://gg.gg/Kelas3-Tema-1-ST1   Semester 2 1.  http://gg.gg/quizizz-Tema-5-kls3 2.  http://gg.gg/Kls3-Tema7-part1 3.  http://gg.gg/Kelas3-Tema7-part2 4.  http://gg.gg/Kls3-Tema5-part2 5.  http://gg.gg/Kelas3-Tema6-part1 6.  http://gg.gg/Survey-BDR 7.  http://gg.gg/Kls3-Tema6-ST1-PB4 8.  http://gg.gg/Kls3-Tema-6-ST-1-PB-5 9.  http://gg.gg/Kls3-T